Nama : Fakhri Pratama
Npm : 1C114795
Kelas : 2KA34
1.
Perubahan
Manajemen
A. Pengertian
suatu upaya yg dilakukan manajemen guna melakukan
perubahan berencana dengan menggunakan jasa/ bekerjasama dengan intervenis/
konsultan. Agar organisasi tersebut tetap survive dan bahkan mencapai puncak
perkembangannya.
B. Tujuan
dan Manfaat
Perubahan mempunyai manfaat bagi kelangsungan hidup suatu
organisasi, tanpa adanya perubahan maka dapat dipastikan bahwa usia organisasi
tidak akan bertahan lama. Perubahan bertujuan agar organisasi tidak menjadi
statis melainkan tetap dinamis dalam menghadapi perkembangan jaman, kemajuan
teknologi dan dibidang pelayanan kesehatan adalah peningkatan kesadaran pasen
akan pelayanan yang berkualitas.
C. Kegiatan
1). Suatu perubahan
seringkali tidak ada awal dan akhir yang jelas.
2). Suatu perubahan
yang efektif dapat dimulai dengan perbaikan dalam beberapa bidang tertentu
3). Suatu perubahan
harus berjalan sekaligus, baik secara top-down
maupun bottom-up.
4). Suatu perubahan
organisasi memiliki dimensi pribadi yang penting.
5). Dilakukannya suatu
pengukuran adalah kunci bagi suatu perubahan yang berhasil dan berkelanjutan.
D. Hubungan
dengan proses manajemen layanan lainnya
Jika pada awalnya suatu manajemen akan merubah mulai dari aturan dan cara pelaksanaannya
maka akan sangat berpengaruh atau berhubungan dengan manajemen lainnya.
2. Perubahan Manajemen
A. Maksud
dan Tujuan
ITRelease dan Manajemen Deployment bertujuan untuk merencanakan,
jadwal dan mengontrol pergerakan rilis untuk menguji dan lingkungan hidup. Tujuan
utama dari Manajemen Pers dan Manajemen Deployment adalah untuk memastikan
bahwa integritas lingkungan hidup dilindungi dan bahwa komponen yang benar
dilepaskan.
B. Konsep
Dasar
Pada
dasarnya, kegiatan dan tujuan proses proses Release dan Deployment Manajemen di
ITIL V3 identik Release Management di ITIL V2. ITIL V3 Manajemen Siaran
memberikan rincian jauh lebih di bidang perencanaan Release dan pengujian; ini
menyebabkan penambahan dua proses khusus yang dimasukkan di bawah Manajemen
Pers dalam versi ITIL sebelumnya: Manajemen Proyek Perencanaan Transisi dan
Dukungan dan Layanan Validasi dan Pengujian.
C. Kegiatan,
Metode dan Teknik
Release Manager bertanggung jawab untuk perencanaan dan
pengendalian gerakan Pers untuk menguji dan lingkungan hidup. Tujuan utamanya
adalah untuk memastikan bahwa integritas lingkungan hidup dilindungi dan bahwa
komponen yang benar dilepaskan.
D. Hubungan
dengan proses manajemen layanan lainnya
ITIL Manajemen Siaran sub-proses dan tujuan proses
mereka:
1. Dukungan Manajemen Rilis
Proses Tujuan: Untuk
memberikan pedoman dan dukungan untuk penyebaran Pers .
2. Perencanaan Rilis
Proses Tujuan: Untuk
menetapkan Perubahan berwenang untuk Rilis Paket dan untuk menentukan ruang
lingkup dan isi dari Pers. Berdasarkan informasi ini, proses Perencanaan Rilis
mengembangkan jadwal untuk membangun, pengujian dan menyebarkan rilis tersebut.
3. Rilis Deployment
Proses Tujuan: Untuk
menyebarkan komponen Rilis ke dalam lingkungan produksi yang hidup. Proses ini
juga bertanggung jawab untuk pelatihan pengguna akhir dan staf operasi dan
beredar informasi / dokumentasi di Rilis baru dikerahkan atau jasa yang
mendukung.
4. Dukungan Hidup Awal
Proses Tujuan: Untuk
mengatasi masalah operasional cepat selama periode awal setelah penyebaran
Rilis , dan untuk menghilangkan kesalahan yang tersisa atau kekurangan.
5. Rilis Penutupan
Proses Tujuan: Untuk
secara resmi menutup Rilis setelah memverifikasi jika aktivitas log dan CMS isi
yang up to date.
3. Pemenuhan Permintaan
A. Maksud
dan Tujuan
ITIL Permintaan Pemenuhan bertujuan untuk memenuhi
Permintaan Service, yang dalam banyak kasus adalah ringan (standar) Perubahan
(misalnya mintaan untuk mengubah password) atau permintaan informasi. tujuan
proses pemenuhan permintaan adalah:
Menyediakan saluran bagi pengguna untuk meminta dan
menerima layanan standar yang otorisasi dan proses kualifikasi yang telah
ditetapkan.
B. Model
Permintaan
Permintaan pemodelan menggunakan metode statistik dan
intelijen bisnis masukan untuk menghasilkan perkiraan permintaan akurat dan
efektif mengatasi variabilitas permintaan. Permintaan modeling menjadi lebih
penting karena peramalan dan manajemen persediaan sedang rumit dengan
meningkatnya jumlah item yang bergerak lambat, yang disebut "ekor
panjang" dari berbagai produk, banyak yang memiliki pola permintaan tak
terduga di mana khas "normal distribusi "asumsi yang digunakan oleh
model tradisional sama sekali tidak memadai. Dalam skenario ini, berhasil
mengelola perkiraan dan persediaan memerlukan canggih permintaan dan pemodelan
persediaan teknologi untuk andal mendukung tingkat layanan yang tinggi.
C. Hubungan
dengan proses manajemen layanan lainnya
Layanan Permintaan Pemenuhan Grup mengkhususkan diri pada
pemenuhan jenis tertentu permintaan layanan. Biasanya, Tingkat 1 Dukungan akan
memproses permintaan sederhana, sementara yang lain diteruskan ke Pemenuhan
Grup khusus.
4. Manajemen Operasi IT
A. Maksud
dan Tujuan
Manajemen operasional TI adalah proses pengelolaan
infrastruktur TI sehari-hari termasuk pengelolaan provisioning, kapasitas,
kinerja dan ketersediaan lingkungan komputasi, jaringan dan aplikasi. manajemen
operasional TI sangat penting untuk organisasi TI yang bertanggung jawab untuk
memberikan efisien layanan berkualitas tinggi dan aplikasi dalam mendukung
bisnis digit.
B. Konsep
Dasar
Operasi teknologi informasi, atau operasi TI, adalah
himpunan semua proses dan layanan yang baik ditetapkan oleh TI staf untuk
internal atau eksternal mereka klien dan digunakan sendiri, untuk menjalankan
dirinya sebagai bisnis . Definisi operasional TI berbeda di seluruh TI industri
, di mana vendor dan organisasi individu sering membuat definisi adat mereka
sendiri proses dan layanan tersebut untuk tujuan pemasaran produk mereka
sendiri. Biasanya, mereka termasuk manajemen , visi, perencanaan , desain ,
implementasi , konstruksi, penyebaran , distribusi , verifikasi , instalasi ,
Instansiasi, pelaksanaan dan pemeliharaan . Mereka berusaha untuk menentukan
proses umum dan prosedur, kebijakan, peran, tanggung jawab, terminologi ,
praktik terbaik dan standar untuk menjalankan suatu perusahaan. Techopedia
menjelaskan IT Manajemen OpDalam sebuah organisasi, mungkin ada tumpang tindih
antara manajemen operasi TI dan manajemen aplikasi serta manajemen teknis,
Namun manajemen operasi TI adalah fungsi yang berbeda, meskipun keduanya
manajemen teknis dan aplikasi dapat menjadi bagian yang sama.
C. Hubungan
dengan proses manajemen layanan lainnya
Menangani beberapa teknologi dan perangkat melalui server
cloud terpusat. Sebuah proses operasi sederhana menangani tiket Anda, manajemen
konfigurasi, manajemen aset, perubahan dan rilis. Semuanya hanya dengan sekali
klik dan Anda dapat memantau dari lokasi manapun. Tidak ada lagi mendapatkan
terpaku kursi Anda atau risiko hilang setiap pembaruan penting.
Memecahkan & Selesaikan: Itu akan lebih mudah untuk
memecahkan masalah dengan Analisis Akar Penyebab Freshservice dan Preventive
Maintenance daripada pergi melalui setiap server yang memeriksa dan mencegah
pemadaman. Sebuah tiket Insiden dinaikkan setiap kali masalah yang dilaporkan,
dan Anda mendapatkan pemberitahuan langsung dengan rincian diperbarui. Tiket
diprioritaskan & diselesaikan berdasarkan tingkat urgensi dan pentingnya,
SLA ini membuat Anda memahami tanggal jatuh tempo dan kebijakan lain untuk
membimbing Anda. Sebuah alur kerja yang sistematis akan membantu Anda merespon
dan menyelesaikan lebih cepat dari sebelumnya.
5. Aplikasi Manajemen
A. Maksud
dan tujuan
ITIL Aplikasi Manajemen bertanggung jawab untuk mengelola
aplikasi di seluruh siklus hidup mereka. Proses ini memainkan peran penting
dalam aspek terkait penerapan merancang, pengujian, operasi dan meningkatkan
layanan TI, serta dalam mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk
mengoperasikan aplikasi organisasi TI. Aplikasi Manajemen merupakan kegiatan
yang sedang berlangsung, sebagai lawan Pengembangan Aplikasi yang biasanya satu
kali set kegiatan untuk membangun aplikasi.
B. Konsep
Dasar
Terdapat enam fungsi teknologi informasi, yaitu :
Menangkap (Capture) dapat diartikan sebagai menginput. Mengolah (Processing)
atau memproses data masukkan yang diterima untuk menjadi informasi. Pengolahan
dan pemrosesan data dapat berupa mengkonversi, menganalisis, dan menghitung
(kalkulasi). Menghasilkan (Generating) atau mengorganisasikan informasi ke
dalam bentuk yang berguna atau laporan yang dapat dimengerti oleh orang lain.
Menyimpan (Storage) atau merekam data dan informasi dalam suatu media yang
dapat digunakan untuk keperluan lain. Mencari Kembali (Retrival), menelusuri
dan mendapatkan kembali informasi atau mengkopi data dan informasi yang sudah
tersimpan. Mentransmisi (Transmission) atau mengirim data dan informasi dari
suatu lokasi ke lokasi lain melalui jaringan komputer.
C. Hubungan
antara aplikasi manajemen dan pengembangan aplikasi
Aplikasi Analyst adalah peran Manajemen Aplikasi yang
mengelola aplikasi di seluruh siklus hidup mereka. Ada biasanya satu Aplikasi
Analyst atau tim analis untuk setiap aplikasi utama. Peran ini memainkan peran
penting dalam aspek terkait penerapan merancang, pengujian, operasi dan
meningkatkan layanan TI. Hal ini juga bertanggung jawab untuk mengembangkan
keterampilan yang dibutuhkan untuk mengoperasikan aplikasi yang diperlukan
untuk memberikan layanan TI.
Daftar Pustaka :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar